‘PRASASTI’ PARK

museum-taman-prasasti


uk-flag
For English version klik Here.

Taman prasasti berlokasi di jalan Tanah Abang 1, Jakarta pusat. Jam buka museum taman prasasti ini mulai dari 09.00 – 15.00. Reservasi juga dapat dilakukan melalui telp. +6221 3854060. Taman Prasasti merupakan salah satu wisata outdour yang memiliki nilai sejarah pada jaman belanda. Setelah anda memasuki taman ini anda akan terbawa dalam suasana perenungan spiritual yang mendalam. Dahulu taman ini merupakan kompleks kuburan Belanda, Kerkhof Laan yang lebih dikenal dengan nama Kuburan Kebon Jahe Kober. Taman Prasasti yang secara resmi dibuka oleh Gubernur DKI Ali Sadikin pada 7 Juli 1977. Taman ini memiliki koleksi sekitar 1.400 benda seperti nisan, patung, pot bunga maket, prasasti, tugu, dan makam sebanyak 1.372. Awalnya pemakaman tersebut memiliki luas 5,5 ha di tanah hibah Van Riemsdijk yang dibangun pada tahun 1795  namun saat ini luas taman prasasti ini tinggal 1,3 ha. Tokoh-tokoh yang dimakamkan disini antara lain Hok Gie, Mayjen J.H.R. Kohler, DR. JLA. Brandes dll. Selain itu di museum ini juga menampilkan maket makam dari 27 Provinsi di Indonesia, kereta jenazah dan bekas peti jenazah Proklamator Indonesia Bung Karno dan Bung Hatta.

AKSES MENUJU LOKASI WISATA :
Caranya mencapai lokasi yaitu dengan naik bis Transjakarta rute Blok M-Kota, berhenti di halte Monas. Kita menyebrang ke arah museum nasional dan berjalan kaki kira-kira 7 menitan. Museum tersebut diapit oleh kantor Walikota Jakarta Timur dan kantor KONI. Walaupun terletak dikawasan perkantoran. Khusus didaerah taman prasasti ini rimbun dan terasa adem seperti hutan yang terletak ditengah-tengah kota.

Sumber : http://www.indonesiakaya.com/kanal/detail/jejak-makam-peninggalan-belanda-di-museum-taman-prasasti dan http://www.jakarta-tourism.go.id